25082020 AFRIKA BEBAS POLIO

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

User Rating: / 0
PoorBest 

Jonas Salk, penemu vaksin polio tidak pernah mematenkan penemuannya sehingga jutaan manusia lebih mudah tertolong dari penyakit polio, akibatnya dia kehilangan US$7 billion, sekitar 100 ribu milyar rupiah…uhukuhukuhuk.

 POLIO1
 POLIO2
 POLIO3


Tanggal 25 Agustus 2020, 1 minggu yang lalu Africa Regional Certification Commission (ARCC), lembaga yang dibentuk untuk eradikasi polio di Afrika mengumumkan bahwa 47 negara Afrika dinyatakan bebas daripolio. Tahun 1996 ada 75.000 anak Afrika yang menderita kelumpuhan akibat polio dalam 1 tahun, sehingga Mandela menantang para pemimpin Afrika untuk melenyapkan polio dari Afrika, dia  meneriakkan slogan “KICK POLIO OUT OF AFRICA” . Dan setelah melewati perjuangan panjang lebih dari 30 tahun & setelah 90% dari populasi di seluruh Afrika mendapat immunisasi, yes Afrika bebas dari polio. Hari ini ada sekitar 220 juta anak-anak di Afrika yang mendapat immunisasi polio setiap tahunnya.

Cerita paling menyesakkan dari proses eradikasi polio di Afrika ini adalah bagaimana pekerja-pekerja kesehatan sampai terbunuh di Nigeria demi tercapainya target immunisasi di daerah konflik ini & Nigeria memang menjadi negara  terakhir yang bisa bebas dari polio di Afrika, di Boko Haram tepatnya. Belum lagi masalah rumor tentang vaksin yang menjadi tantangan pekerja kesehatan.

 

Sebuah prasasti Mesir menggambarkan seorang pendeta yang menderita kaki layu, mengindikasikan bahwa polio telah ada selama ribuan tahun. Kasus polio pertama yang terdiagnosa di tahun 1894 ditemukan di Amerika & menjadi pandemik di tahun 1916 di Amerika & Eropa, menyebabkan korban 27.000 orang dengan kematian sebanyak 6000 orang, Amerika tercatat bebas dari polio tahun 1979.

Franklin Delano Roosevelt, Presiden Amerika serikat yang menderita polio dewasa, mendirikan yayasan untuk polio pada 3 Januari 1938 & yayasan ini menjadi pelopor dalam pengembangan vaksin polio. Lihat skrinsyut, agak lucu & trenyuh mengenang masa-masa dimana peresepan alat-alat kesehatan masih sangat tradisional, ini terjadi di Amerika saat itu, liat harga penyokong kaki presiden Roosevelt seharga $ 135.00, ingat pernah juga melakukan peresepan seperti itu. Polio bisa menyerang dewasa, tapi umumnya memang menyerang anak-anak.

 

Kasus polio pertama terkonfirmasi di Indonesia pada tahun 2006, tapi meskipun Indonesia sudah mendapatkan seritikasi bebas polio pada 27 Maret 2014, pemerintah masih terus berperang untuk mempertahankan kondisi ini dengan pemberian vaksin polio rutin pada anak-anak.

 

Saat ini hanya Pakistan & Afganistan yang belum bebas dari polio, tapi program vaksinasi terus digencarkan, WHO & partners lewat Global Polio Eradication Initiative terus mendukung pemerintah Afganistan & Pakistan bertarung melawan polio. Jika melihat 30 tahun ke belakang, virus polio liar membuat lumpuh labih dari 350.000 anak-anak di lebih dari 125 negara, sampai akhirnya dunia mampu menaklukkan virus polio & tercatat tinggal 30 kasus pada tahun 2018 di Pakistan & Afganistan.

 

Virus polio dapat dengan mudah “di impor” ke negara yang sudah bebas polio & dapat menyebar dengan cepat diantara populasi yang tidak diimunisasi. Kegagalan melakukan eradikasi dapat memunculkan 200.000 kasus baru setiap tahunnya & dalam 10 tahun bisa menginfeksi seluruh dunia.

Ingat-ingat, tidak ada pengobatan, polio hanya bisa dicegah dengan vaksin polio, diberikan beberapa kali sehingga dapat melindungi anak seumur hidupnya.

 

APA ITU POLIO

Polio disebabkan VIRUS POLIO, dapat menyebar dari 1 orang ke orang lain lewat cipratan dahak yang mengandung virus waktu batuk atau bersin. Juga lewat makanan yang terpapar feses yang mengandung virus. Virus bermultiplikasi di tenggorokan & traktus gastro intestinal, kemudian masuk ke dalam aliran darah menuju sistem saraf sentral, bermultiplikasi disini & menghancurkan sel-sel motor neuron.

 

 POLIO7
 

APA AKIBAT POLIO? BAGAIMANA GEJALANYA?

Polio atau poliomyelitis terutama menyerang anak-anak dibawah usia 5 tahun. Gejala awalnya adalah panas badan, nyeri tenggorok, letih, sakit kepala, muntah, nyeri perut, kekakuan leher & nyeri tungkai, 1 dari 4 orang mengalami gejala seperti flu. Virus juga menyerang sistem saraf yang dapat menyebabkan kelumpuhan & meninggal dalam beberapa jam. Satu dari 200 penderita yang terinfeksi mengalami kelumpuhan irreversibel & dari mereka yang mengalami kelumpuhan, 5%-10% mengalami kematian karena kelumpuhan otot-otot pernafasan. Tapi kebanyakan orang yang terinfeksi (sekitar 72 dari 100) tidak menunjukkan gejala.

 

MESIN PARU

Pada tahun 1928 Philip Drinker & Louie Shaw mengembangkan “mesin paru” untuk menyelamatkan pasien-pasien dari kelumpuhan otot-otot pernafasan yang menyebabkan pasien tidak bisa bernafas & pada tahun 1939 ada sekitar 1000 pasien di Amerika yang menggunakan mesin ini karena kegagalan pernafasan akibat polio. Sekarang “mesin paru” sudah banyak berubah, dari awal berbentuk “panggangan roti” menjadi “mesin ajaib” yang dapat “menghidupkan” orang, hehe & di era covid19 ini semuanya tau kan, iyes….ventilator.

 

VAKSINASI POLIO

Tahun 1952, hampir 58 tahun setelah virus polio terdiagnosa, Dr Jonas Salk akhirnya berhasil menemukan vaksin polio & pada tahun 1961 Albert Sabin mempelopori pembuatan vaksin polio oral sehingga lebih mudah digunakan.

 

APAKAH POLIO BISA MUNCUL LAGI?

Polio sangat mudah diimpor ke suatu negara yang sudah bebas polio & kemudian menyebar secara cepat diantara populasi. Ini terjadi di Angola yang meskipun mengalami perang saudara selama beberapa dekade, berhasil mengalahkan polio pada tahun 2001. Angola sempat mengalami bebas polio selama 4 tahun sampai tahun 2005 ketika sejumlah kasus dibawa dari luar Angola.

Yaaa, sepanjang sejarah manusia ada di muka bumi ini, kita memang selalu berperang melawan musuh yang gak keliatan……si virus & bakteri, salam.

 

 POLIO6 POLIO5POLIO8 

 

Sumber: 

https://www.cdc.gov/polio/why-it-matters/africa-kicks-out-wild-polio.htm

https://www.bbc.com/news/health-17045202

https://www.cdc.gov/polio/what-is-polio/index.htm

https://www.outbreakobservatory.org/outbreakthursday-1/2/21/2019/indonesia-confirms-first-polio-case-since-2006

https://www.who.int/news-room/feature-stories/detail/pakistan-and-afghanistan-the-final-wild-poliovirus-bastion

https://www.thejakartapost.com/academia/2019/06/27/eliminating-diseases-does-not-mean-mission-accomplished.html

Add comment

ditunggu comment nya...