Benjolan hernia kok dipijat?

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

User Rating: / 16
PoorBest 
 gyorgy

Kata-kata Emas

Penemuan berisi hal-hal yang sebenarnya dilihat oleh semua orang, tetapi penemu memikirkannya dengan cara yang tidak dipikirkan oleh orang lain.

Albert von Szent-Gyorgy

 

Kebiasaan pijat-memijat memang sudah mendarah daging hidup dalam budaya kita. Tapi benjolan yang satu ini ternyata tidak cocok untuk dipijat, memang maksudnya supaya kempes tentunya, tapi tindakan ini justru malah membuat benjolan hernia membengkak. Jika sudah begini akan menyulitkan dokter bedah untuk mengembalikan benjolan hernia ini lewat lubangnya kembali masuk ke dalam rongga perut.  Tapi kalau kenyataannya banyak juga dukun pijat yang berhasil “mengempiskan” hernia bagaimana?. Kita cari tahu dulu yuk...sebenarnya apa sih hernia itu?.

 

Hernia merupakan penyakit yang dibawa sejak lahir, memang waktu timbulnya tidak serempak, bisa pada waktu anak-anak sudah muncul atau pada waktu

 hernia1

dewasa. Hernia adalah benjolan di lipat paha, dan terjadi pada pria dan wanita. Jika pada pria benjolan bisa turun sampai kantong biji pelir, dan adakalanya benjolan bisa sebesar kepalan tangan bahkan sebesar kelapa atau kepala(..nggak salah cetak kok). 

Benjolan itu berisi apa? Benjolan hernia berisi usus(kebanyakan), bisa juga berisi cairan perut, atau jaringan penggantung usus(omentum), dan pada sedikit kasus bisa juga benjolan hernia berisi indung telur (tentunya pada hernia wanita). Tapi mengapa semua bagian "daleman" ini bisa "mbrojol" keluar? 

 hernia2

Jawabannya? Ya pasti karena memungkinkan keluar. Kenapa? Karena ada jalannya(celah)....deh. Kalau memang ada celah yang memungkinkan organ daleman ini keluar, tentunya terjadi pada semua orang dong? Tidak juga. Hernia terjadi tidak pada semua orang.  Celah ini, yang berbentuk cincin/lubang terletak tepat di pertengahan lipatan paha. Normalnya lubang ini seharusnya sudah menutup waktu kita dilahirkan, tapi pada beberapa orang proses penutupan ini tidak terjadi sehingga lubang tetap ada. Karena lubang ini membuka kearah perut/ kedalam perut, jadilah organ-organ daleman yang bisa keluar lewat lubang ini akan lewat deh, dan bisa terus melorot sampai biji pelir.

Apa obatnya? Hanya operasi. Apa tidak bisa dengan obat-obatan? Apa tidak bisa dengan pengobatan alternatif? Jawabannya so pasti tidak bisa. Kenapa? Karena nanti dokter bedah nggak laku dong....hehehe. Yang terakhir ini nggak serius. Yang serius begini lohhh. Karena hernia terjadi akibat adanya lubang yang tidak menutup waktu proses perkembangan janin dalam perut. Tentunya lubang ini hanya bisa ditutup dengan cara menjahitnya atau bahkan "menembelnya" dengan "suatu bahan penutup" sampai lubang tertutup. Contoh lain dari perkembangan selama kehamilan yang tidak sempurna adalah bayi kembar siam, dimana terjadi proses yang tidak lengkap waktu perkembangan janin dalam perut, sehingga bayi belum terpisah waktu dilahirkan. Kembar siam tentunya mudah dibayangkan jika obatnya adalah dengan pembedahan, memang tidak demikian dengan hernia karena kelainannya tidak kasat mata.  

 

Jika kita sudah mengetahui apa itu isi hernia, bagaimana dengan kebiasaan kebanyakan dari kita yang suka memijat benjolan hernia?. Gampangnya begini, usus itu seperti balon yang berisi udara juga, jika usus ada dalam benjolan hernia dan terperangkap disitu, tindakan memijat bisa dibayangkan bahayanya. Usus juga bisa meletus seperti balon, memang tidak serupa benar sich, tapi bahkan lebih parah. Saya baru saja mengoperasi "mbah putri" yang memijat sendiri hernianya. Hernianya tidak kempes dan malah kulit diatasnya sampai menghitam akibat pijatan, begitu dioperasi dan kulit dibuka, tampak usus yang pecah dan membusuk, mengeluarkan nanah dan kotoran(isi usus). Akhirnya terpaksa usus sebagian dibuang. Padahal operasi hernia sebenarnya mudah, cukup mengembalikan isi benjolan hernia ke dalam rongga perut dengan jalan mendorongnya(jika pasien dibius isi hernia mudah kembali), kemudian menutupnya. Tapi tindakan-tindakan seperti memijat, atau bahkan ada yang "memboboki" hernia menyebabkan operasi sulit dilakukan. Kenapa?  

Pijatan menyebabkan pembengkakan mulai dari kulit sampai isi hernia, bahkan juga melukai isi hernia. Jika membengkak tentunya menyebabkan isi hernia sulit dimasukkan lewat lubang hernia yang kecil(diameter kira-kira 1 cm) menuju rongga perut kembali. Setelah membengkak kemudian timbul infeksi dan akhirnya dinding usus jebol. Jika sudah begini usus tidak mungkin lagi dimasukkan lewat lubang/celah hernia yang ada. Akibatnya harus dibuat irisan perut ditengah memanjang, dan setelah perut terbuka, usus ditarik dari arah dalam perut. Tentunya akhirnya pasien yang dirugikan karena jika usus membusuk, otomatis kondisi tubuh akan menurun drastis karena hasil dari proses pembusukan berupa racun dan kuman akan disebarkan lewat aliran darah ke seluruh tubuh. Selain itu biaya operasi juga membengkak. Sebenarnya operasi hernia dapat dikerjakan tanpa perlu bermalam di rumah sakit(one day care surgery), tapi jika sudah terjadi seperti kasus diatas, minimal pasien harus menginap 4-5 hari dikarenakan pasien harus puasa dan harus diberikan terapi terhadap infeksi.

 

Tapi ada juga sich yang mengatakan begini, "saya pernah memijatkan hernia saya dan berhasil?". Apa mungkin? Ya mungkin saja kok... Memang hernia adakalanya masih bisa keluar masuk. Tapi kan lubang hernianya tetap ada dan terus terbuka?.  Pencetus keluarnya hernia pada umumnya adalah waktu pasien batuk, muntah-muntah, atau waktu mengangkat beban berat. Hal ini menyebabkan tekanan di dalam rongga perut meningkat sehingga mendorong usus dan keluar lewat lubang hernia yang sudah ada. Karena memang pada dasarnya isi hernia itu bisa keluar masuk, yaaa sebenarnya memang bisa masuk sendiri.....bahkan tidak usah sulit-sulit membawanya ke tukang pijet. Tapi memang ada kondisi dimana isi hernia tidak bisa masuk kembali. Misal jika usus yang keluar sangat banyak, atau jika usus yang keluar kemudian ”mbundeli”, atau jika gagal masuk kembali setelah dipijat yang akhirnya malah membengkak.  

 

Setelah kita mengetahui perjalanan penyakit hernia dan konsekuensi-konsekuensi akibat penanganan yang tidak tepat....bagaimana sikap kita selanjutnya?. Salam.

 

Info & Tips

air laut

Ditiap tetes air laut mengandung kira-kira 1 milyar atom emas. Ehmmm...jadi berapa luas lautan ya yang harus kumiliki?

 

Sumber Gambar: Internet & Koleksi Pribadi

Add comment

Tolong commentnya yang positif ya, supaya artikel ini bisa berguna untuk kita.