Cara membawa bagian tubuh yang "terpotong"

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

User Rating: / 0
PoorBest 

Baru-baru ini saya membaca di surat kabar kejadian perampokan yang mengakibatkan kedua tangan korban terpotong setinggi pergelangan. Sukses disambung kembali meskipun harus diikuti fisioterapi yang memakan waktu dan kesabaran untuk kembali berfungsi mendekati normal. Kecelakaan kerja dan kecelakaan lain juga bisa berakibat serupa.

 

clean cut

Ada beberapa kriteria apakah bagian tubuh yang terpotong masih dapat disambung kembali atau tidak. Karena bagaimanapun terpaksa harus diterima, jika bagian tubuh tsb sudah demikian parah kerusakannya berarti tidak dapat disambung kembali. Persyaratannya adalah, bagian tubuh terpotong oleh benda tajam, misalnya oleh pisau, pedang, gouletine dsb, seperti contoh gamcar disamping. Luka yang dihasilkan akibat potongan tajam tidak menimbulkan banyak kerusakan jaringan di sekitar luka irisan/potongan. Jika potongan jaringan baik(terpotong tajam dan bersih), kita bisa berharap penyambungan berhasil. Luka hancur akibat kecelakaan lalu lintas, tangan hancur akibat masuk ke mesin blower padi tidak mungkin disambung kembali.

 

Hal lain yang mendukung keberhasilan penyambungan adalah bagaimana kita menyimpanĀ¯ bagian tubuh yang terpotong. Karena pertolongan pertama penderita biasanya dilakukan oleh orang-orang di dekatnya, maka peranannya sangat penting. Misalkan bagian tubuh itu adalah jari. Masukkan jari ini ke dalam plastik yang bersih dan kering, tutup rapat, jangan direndam/terendam air, plastik juga tidak boleh kemasukan air. Kemudian plastik yang berisi jari dimasukkan ke dalam termos yang sudah diisi potongan-potongan es. Jadi potongan jari jangan langsung direndam dalam potongan es karena justru akan merusak jaringannya.

 

stumb

Sedangkan bagian tangan yang terpotong tidak boleh diikat. Hal ini sering dilakukan untuk menghentikan perdarahan tapi tindakan ini justru berakibat fatal. Karena jika darah tidak dapat mengalir ke bawah akibatnya ujung-ujung daerah terpotong terhenti mendapatkan suplai darah sehingga menyebabkan kematian jaringan. Seharusnya begini, ambil kain bersih lembut seperti kaos lalu langsung sumpalkan di tempat luka kemudian ditutup kain lain yang juga bersih. Kemudiian segera bawa ke rumah sakit dan ..... jangan lupa termos es yang berisi potongan jari atau tangan... jangan ketinggalan.

Dannnnn supaya upaya kita menolong korban tidak sia-sia dan menghabiskan waktu adalah, kita harus tahu apakah rumah sakit yang kita tuju mempunyai fasilitas dan dokter yang melakukan transplantasi atau tindakan penyambungan kembali. Kalau tidak kita akan berkeliling-keliling kota, berpindah-pindah rumah sakit padahal tindakan penyambungan harus dilakukan sesegera mungkin setelah kejadian. Hal lain yang juga penting diketahui supaya penderita dan keluarga tidak kecewa, karena prosedur ini termasuk operasi khusus, memang biaya yang harus dikeluarkan terpaksa mahal. Operasi memerlukan waktu lama dan sering tidak cukup 1 kali operasi, dilakukan oleh lebih dari 1 tim dan perlu peralatan khusus seperti mikroskop.

 

Jadi kesimpulannya ada beberapa hal penting yang bukan biasa-biasa yang dapat kita kerjakan dengan benar yaitu:

1. Menyimpan potongan tubuh harus benar.

2. Menutup daerah yang terpotong harus tepat.

3. Harus tahu rumah sakit mana yang bisa melakukan prosedur penyambungan, sebisa mungkin telpon dahulu rumah-sakit yang akan dituju. Salam.

 

 

Sumber Gambar: Internet & Koleksi Pribadi

Add comment

ditunggu comment nya...