22 ANAK MELAKUKAN VAKSINASI GLOBAL PERTAMA TAKLUKKAN CACAR

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

User Rating: / 0
PoorBest 

 

EKSPEDISI BALMIS: 22 ANAK MELAKUKAN VAKSINASI GLOBAL PERTAMA TAKLUKKAN CACAR

 

Benernya kalo dipikir-pikir nih ‘ANAK-ANAK BAWA-BAWA PENYAKIT “, disimpen di badannya lagi trus keliling dunia deh, tapi mo gimana lagi, waktu itu kemampuan dunia medis baru sampai disini, tapi ini menunjukkan dunia medis faham tentang dasar dari vaksinasi itu.

 BALMIS1

Jadilah…pada tahun 1803, raja Spanyol menginisiasi kampanye vaksinasi global pertama dalam sejarah, dia menunjuk dr.Francisco Xavier de Balmis untuk menyebarkan vaksinasi cacar ke seluruh koloni Kerajaan Spanyol mulai dari Filipina sampai Amerika Latin.

Di masa itu, mengangkut vaksin dalam kemasan pasti sangat berisiko karena belum ada teknologi "COOL-CHAIN", belum lagi jarak tempuh yang jauh & adanya perbedaan iklim. Jadi, cara terbaik untuk membawa vaksin cacar dalam ekspedisi ini adalah dengan “MENGANGKUTNYA DALAM TUBUH SESEORANG”.

Tekniknya sederhana, sekelompok anak akan divaksinasi & dibiarkan “TUBUHNYA MENGEMBANGKAN PUSTULA/KEROPENG CACAR” . Kemudian cairan pustula dipakai untuk memvaksinasi kelompok berikutnya, ini berlangsung terus selama ekspedisi berjalan sampai ke tujuan. Para "PEMBAWA VAKSIN" dalam ekspedisi ini adalah 22 anak yatim yang direkrut dari sebuah rumah sakit amal & panti asuhan di Kota La Coruna.

 BALMIS2 BALMIS3 BALMIS4

 

Isabel de Zendala Gomez, direktur panti asuhan ikut dalam ekspedisi ini. Dialah yang merawat anak-anak "pembawa vaksin" itu selama perjalanan & bahkan membawa putranya.... yang membuat dia dikenal sebagai perawat pertama yang ikut serta dalam misi kesehatan internasional. Ekspedisi Balmis meninggalkan pelabuhan La Coruna pada 30 November 1803 dengan menggunakan Korvet Maria Pita.

Ekspedisi Balmis ini kemudian diangkat ke layar lebar dengan judul "22 ANGELES", amazing banget, luar biasa....bagaimana anak2 ini "DIBIARKAN" sakit sehingga "PUSTULA CACAR" yang terbentuk bisa ditorehkan ke anak2 di belahan dunia lain mulai dari Amerika sampai Filipina....sehingga tubuh anak2 ini menghasilkan antibodi sebagai reaksi terhadap torehan pustula/cairan keropeng yang berisi virus cacar......

 

Dunia medis memang luar biasa….

   .......perjuangannya..

 

 

 

 

Add comment

ditunggu comment nya...