mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday75
mod_vvisit_counterAll days521480

Online (20 minutes ago): 7
Today: Jan 28, 2022

INTERAKSI OBAT COVID BIKIN MAT**K(1)

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

User Rating: / 0
PoorBest 

PROLOG:

Lagi enak2 nih gw & temen2 nongkrong eeee miss virus flu lewat geber2, jadilah kite2 terpapar & bikin:

CHECKER1

-        Temen pertama: dia ke dokter dapet resep 1 kali & sembuh

-        Temen ke2: dia ke dokter & dapet resep & gak sembuh juga & akhirnya opname

-        Temen ke3: dia cukup diet sehat + olah raga + istirahat & dia sembuh

-        Giliran gw: gak ngefek, la wong seumur2 tuh gw hampir ga pernah flu, gw dah punya penyakit langganan lainnya, pasti dah pada tau deh hehehe.

 

Kenapa bisa begini & begitu?, aneh?, gak juga, ini sebabnya:

1.      GENETIK: masing2 kita membawa genetik yang berbeda, cotoh: yang punya bakat asthma & tidak terkontrol akan lebih mudah terpapar

2.      LIFESTYLE & STATUS GIZI: contoh penyakit diabetes tipe 2, ini diabetes yang terjadi karena pola makan yang buruk. Status gizi yang baik sangat berpengaruh pada gampang or gak gampangnya seseorang terpapar & ujung2nya mempengaruhi kecepatan proses penyembuhan. Contoh lain, karena gw kang pot*ng, naaa status gizi sebelum operasi sangat2 mempengaruhi penyembuhan paska operasi.

3.      KEGANASAN PENYAKIT: contoh… biarpun gw masih muda hihihi, udah vaksin 2 X & udah lewat 2 bulan dari vaksin(antibodi dah terbentuk maksimum), tapi kalo miss virus yang nyium buanyakkkkkkkk bgt2…..hadehhh gak ada yang bisa bertahan deh.

4.      PENGOBATAN & PENATALAKSANAAN: betul ada interaksi obat, lanjut dulu yaaa, nti diterangin. Kalau untuk kang pot*ng, teknik/handling emang penting, yang harus perhatikan….apakah jenis operasi  itu kecil, sedang, besar atau khusus, gampangnya kalau jenis operasi itu kecil & sedang…ya piye seh kalau ujung2nya hasilnya jelek.

Jadi liaaaat 4 hal ini…… “OBAT AKHIRNYA TIDAK MENJADI FAKTOR TUNGGAL KEBERHASILAN SUATU PENGOBATAN”, jelas kan?.

 

Nah soal interaksi ANTAR obat ini ada 2 hal yang terjadi:

-        POTENSIASI/SYNERGISM: 2 atau lebih obat yang efeknya saling memperkuat sehingga efeknya menjadi lebih kuat dibanding kalau dikonsumsi tunggal, contoh benzodiazepines & propofol (yang akhir ini obat yang dipakai & diduga penyebab Michael Jackson meninggal, mungkin dia mau fly, tapi yaa kebangetan kalau sampai pake obat ini)

 CHECKER2
 CHECKER3

-        ANTAGONISM:  obat-obatan yang jika diberikan bersamaan akan menurunkan aktifitas obat itu, contoh opioids and naloxone,  ini obat fly & gak jadi fly dong kalau ditenggak bareng…rugi deh..

 

Tapi dunia medis sudah punya rambu2 tentang interaksi obat & tau gak, di dunia medis itu sampe dibikin model “jembatan keledai” untuk obat-obat apa yang berbahaya termasuk kalau dikonsumsi bersama, dibikin jembatan keledai gitu supaya keledainya gak masuk lubang, cumaaa sapa ya keledainya wekk, ini salah 1 contoh:

OBAT YANG TIDAK BOLEH DIKONSUMSI BERSAMAAN, dipakai istilah “DANGEROUS DUO”:

-        Dangerous duo: TYENOL & OBAT-OBAT FLU, beresiko mengakibatkan gagal liver

-        Dangerous duo: pencampuran IBUPROFEN, NAROXEN, & ASPIRIN, terberat beresiko perdarahan saluran pencernaan

-        Dangerous duo: ANTIHISTAMIN & OBAT MUAL, risikonya ngantuk berat

-        Dangerous duo: dll dll masih banyak

Dannnn masih banyak lagi jembatan keledai seperti ini, jadi percayalah dokter & farmasist punya cara-cara yang bahkan unik untuk menghindari konsumsi obat yang berisiko jika dimakan bersamaan…dannn bahkan ini menjadi perhatian & masuk dalam penilaian Akreditasi Rumah Sakit. Farmasist bertugas mengingatkan tukang buat resep kalau ada peresepan yang berisiko kok.

 

Benernya kalau bicara interaksi itu tidak terjadi antar obat aja, liat deh…

-        INTERAKSI ANTAR OBAT & MAKANAN: contoh jika kita makan obat kolesterol(simvastatin, atorvastatin) tidak boleh bersamaan dengan jus anggur karena menimbulkan nyeri otot, ini karena jus anggur menghambat enzym yang membuang statin inaktif.

-        INTERAKSI ANTAR OBAT & PENYAKIT: contoh obat gentamycin(antibiotik) buruk buat ginjal yang sudah terganggu fungsinya.

 

Jadi kalau ributin interaksi obat itu aneh karena meskipun obat-obatan yang diberikan banyak tapi yang banyak itu ya vitamin(bisa 3-4macam), obat pengencer dahak, obat panas, obat untuk penyakit komorbidnya(bisa 4-5 macam). Untuk covid pada umumnya: avigan(dan sejenis) + anti inflamasi + immunoglobulin + kortikosteroid.

Jadi gak seru kan kalau bicara interaksi obat, gak relevan, apalagi awam ajah dah pad tau kok obatnya, gw yang bukan dokter paru ajah tau……berkat om gugel, jadi kita bahas yang lain ajah ya, yang rame2 itu: azythromycin, favipirafir, oseltamivir yang katanya dokter ngasihnya kebanyakan ituuu. 

......trus gimana penggunaan azythromycin untuk covid…..to be continued….

Add comment

ditunggu comment nya...