Ingin umur panjang, vegan life style dong

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

User Rating: / 3
PoorBest 

Ada yang perhatiin gak sih kalau nabi-nabi jaman dahulu itu umurnya ampun-ampun panjangnya. Misalnya Nabi Adam berumur 930 tahun, Nabi Set(anak Adam) berumur 913 tahun, Nabi Metusalah berumur 969 tahun, Nabi Nuh berumur 950 tahun. Kemudian setelah cerita sedih tentang air bah yang menutupi bumi di jaman itu, umur manusia menjadi sangat berkurang, misalnya Nabi Ibrahim berumur 175 tahun dan Nabi Yusuf berumur 110 tahun.

Tapi ya ngeri juga sih kalau membayangkan saya berumur sampai sekitar seabad gitu, laaa baru segini aja udah peyot and rematik, gimana kalau seabad, apa kata dunia?. Tapi memang fakta sejarahnya ya begini, trus gimana dong fakta medisnya tentang umur panjang, adakah kaitannya dengan pola makan kita?.

Saya pernah mendengar ceramah Bapak Ruyandi Hutasoit, Ketua Partai Damai Sejahtera, sudah lamaaaa memang. Dia bilang begini, pada jaman sebelum Nabi Nuh, manusia itu hanya makan makanan yang berasal dan tumbuh di tanah. Kalau liat ayat Alkitab yang mengatakan, "Tuhan memberikan tumbuh-tumbuhan berbiji dan pohon-pohonan yang buahnya untuk kita makan", memang cocok kelihatannya....dan gak disebut tentang makanan dari dunia perbinatangan deh, sampai terjadi air bah di jamam nabi Nuh itu kayaknya pola makan manusia jadi berubah.

vege1

Mengapa perlu menjadi seorang vegetarian?

  1. Sebenarnya bukan hanya berguna untuk tubuh, bahkan planet ini dan hewan akan sangat berterima-kasih karenanya. Produk sampah seorang vegetarian memang lebih ramah lingkungan dibanding si pemakan segala. Belum lagi produk sampah dan polusi yang dihasilkan dari lahan peternakan yang ujung-ujungnya kita konsumsi.
  2. Kita akan hidup lebih lama. Rata-rata vegetarian hidup lebih lama dibanding pemakan daging. Menurut penelitian di Universitas Loma Linda, Vegetarian akan hidup 15 tahun lebih lama dibanding pemakan daging. Penemuan ini didukung oleh "China Health Project " yang melakukan penelitian tentang pola makan dan kesehatan pada populasi yang besar, dan ditemukan bahwa orang-orang China yang sedikit mengkonsumsi lemak dan produk daging mempunyai resiko rendah terserang penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis degeneratif lainnya.
  3. Kita menyelamatkan jantung kita. C. Everett Knoop, seorang bedah umum terkenal di Amrik mengatakan bahwa sebanyak 70% orang Amerika meninggal disebabkan oleh penyakit yang secara langsung terkait dengan makanan. Penyakit kardiovaskular masih menjadi pembunuh nomor satu di Amerika sampai hal ini menjadi dasar untuk penyusunan Standar Diet disana. Rata-rata pria Amerika yang mengkonsumsi daging beresiko sampai 5% meninggal karena penyakit jantung, dan intervensi dengan menyetop konsumsi daging dapat menurunkan sampai 15% resiko penyakit jantung.
  4. Menurunkan resiko kanker. Penelitian yang ditulis dalam Jurnal Kanker Internasional menyimpulkan bahwa daging merah berkorelasi kuat dengan kanker payudara. Wanita yang memakan daging merah tiap hari beresiko sampai 4 kali lebih tinggi dibanding wanita vegetarian. Sedangkan pada wanita yang mengkonsumsi sayur-sayuran minimal 1 macam jenis sayur setiap hari, dapat menurunkan resiko kanker payudara sampai 20 -30% menurut Harvard Nurses Health Study. Penelitian lanjutan menunjukkan bahwa sistem immun pada kelompok vegetarian lebih efektif membunuh sel tumor dibanding pemakan daging.
  5. Membersihkan tubuh. Sayur dan buah-buahan mengandung phytochemicals sebagai detoksifikasi natural.
  6. Menurunkan Lemak. BMI(Body Mass Index) rata-rata 25% lebih rendah pada vegetarian dibandingkan pemakan daging....hiyyy.
  7. Dan tentunya kita berhemat bukan, jadi kita punya dana tambahan buat "chooping", hehehe.

Memang ada kekurangannya juga menjadi vegetarian, tunggu di artikel berikut ya....so wait n see.

 

Sumber: www.vegetarianvegan.com

Sumber Gambar: Internet

Flash: Koleksi Pribadi



Add comment

ditunggu comment nya...