MANIK MANIK KACA

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

User Rating: / 2
PoorBest 

 

colect1

Memang masih tahap belajar "ngronce" gelang dan kalung dari manik-manik kaca. Yang susah itu bikin simpul untuk pengait atau kancingannya itu. Lagipula saya musti gerilya nyari "temennya" manik-manik dari kaca itu cocoknya dikombinasikan dengan apa?. Belum lagi perlengkapan alias pernak-pernik tali untuk kalung dan gelang, pengait, kancing dan lem yang bagus.

Saya sudah ngobrol sama pemilik home industry disana untuk mengadakan workshop pembuatan manik-manik kaca atau cara "ngroncenya".  Itu lo kayak di Jogja dan Solo itu, cara membuat batik kan bisa kita lihat di mal-mal gitu?  Nah kalau untuk manik-manik kaca ini juga dibuat seperti itu kan asyik, apalagi ada kursus cara membuatnya. Saya udah cari di internet tentang kursus pembuatan aksesoris, ehhh ternyata yang paling dekat di Jakarta, repot dong. Saya lagi berpikir, asyik kan kalau masa tua diisi dengan kegiatan "ngronce" ini, bisa menghasilkan sehingga tidak ngrepotin anak-cucu deh.

Dibawah ini koleksi buatan saya sendiri, anda tertarik?

 

Yang di bawah ini so pasti gelang tangan...mungkin besok-besok saya buat gelang kaki juja, mudah-mudahan gak disangka niru gelangnya guk-guk?

 

brace11 brace7 brace4 brace5brace6
brace3 brace8 brace9 brace2brace10

 

Kalau yang dibawah ini kalung lah...coba anda padukan dengan batik...pasti cantik kaliii.

klg8 klg2 klg3 klg4klg6
  

 

Once upon a time saya jalan-jalan lagi, saya emang suka "mblusak-mblusuk" ke mana-mana, tapi ehh nyatanya saya masih tertipu juga. Akhirnya saya tahu bahhwa tidak semua usaha "home-industry" ini pasang etalase, dan justru saya menemukan manik-manik dengan desain eksklusif dan kwalitas ekspor. Coba lihat bentuk dan desain manik-manik kaca dalam gelas.....lucu-lucu kan?. Ada ceritanya sampai saya dapat manik-manik kaca dengan desain ekslusif ini.

kaca

Saya punya pasien mbah putri yang berusia 80 tahun, yang saya rawat sejak 1 bulan yang lalu, dia mengalami patah tulang pangkal paha karena jatuh terpeleset. "Ndilalah" mbah putri juga punya penyakit jantung yang berat dan memang selama ini dalam penanganan dokter jantung. Jadinya si mbah gak bisa dioperasi pasang plat karena tentunya sangat beresiko, dokter biusnya gak mau mbius sampe-sampe dokter tulangnya mangkel...hehehe. Akhirnya saya tarik saja kakinya dengan alat khusus...kemudian karena perawatan model begini butuh waktu lama akhirnya saya putuskan "home care" saja, lagipula si mbah putri nangis terus karena kangen rumah.

Nahhhh, kemudian saya jalan-jalan deh untuk "home care" mbah putri ditemani perawat dan fisiotherapist. Inilah awal perkenalan saya dengan anaknya mbah putri, namanya mas Budi Samodra(saya uda ijin lo mencantumkan namanya) yang hobinya eeeh pekerjaannya buat manik-manik kaca ini. Tapi sayangnya dia tidak melayani pembeli dalam negri (sombong banget ya), dia hanya buat untuk dikirim ke Amrik, Eropa dan Australia. Wahhh, saya sempet "gondok" juga, dan untungnya si mas tahu kalau saya mangkel, akhirnya deh waktu pulang habis ngrawat si mbah putri saya dibawain oleh-oleh manik-manik dengan desain spesial itu.

Tapi ceritanya belum berhenti disitu, setelah omong punya omong, anaknya mbah itu mau kok buatin saya manik-manik tapi desainnya dari saya sendiri, nah rencana berikutnya saya mau mbujuk si mas lagi untuk buka galeri dan workshop. Saya udah ngomong banyak-banyak ama si mas kalau konsumen dalam negri itu gak bisa disepelein lo, pangsa pasarnya kan buesarrr, apalagi sekarang ada ACFTA kan?

Jadi tunggu tanggal mainnya ya pasti saya pamerin disini. Yang pasti lagi sekarang si mbah sehat kakinya, sekarang dia sudah bisa menekuk lutut dan pahanya dan sudah boleh jalan-jalan. Dan saya juga sehat deh karena bisa cuci mata dan gak mangkel lagi.

 

Masih subuh kok terbangun, cuma emang lagi pengen up-load hasil ronce'an saya, memang harganya lebih mahal tapi buatan mas Budi Samodra memang sip. La ini subuh-subuh saya da bangun ya gara-gara mas Budi itu sms kalau pesanan saya uda bisa diambil, asekkk ddeh. Coba anda lihat detil kalung dan gelang dibawah ini, tertarik kan?

 

exsclus1 exsclus2 exsclus3 exsclus4 exsclus5 exsclus6

Foto: Koleksi Pribadi

Add comment

ditunggu comment nya...