MACAM2 VIRUS KORONA PADA MANUSIA

Last Updated on Sunday, 25 July 2021 15:03 Written by Dr. Brotosari Sunday, 02 June 2013 17:21

Print

CORONA ADA SEDARI DULU KALAAA.........

……………….RIWAYATMU KINIIII…

.........MENGALIR SAMPAI JAUHHHH….

 

Virus ini dinamakan corona karena ada mahkota(corona) yang berbentuk seperti paku menutupi seluruh  permukaannya. Dibawah paku ini terletak lapisan membran & membran ini dapat dirusak oleh deterjen & alkohol.

MACAM1

Itulah sebabnya sabun, air & gel pembersih tangan beralkohol efektif melawan virus. Di dalam membran terdapat materi genetik virus. Genome beberapa virus seperti cacar terbuat dari DNA mirip seperti manusia, sedangkan virus corona terbuat dari RNA yang terkait erat. Virus RNA memiliki genome kecil yang dapat berubah secara konstan. Perubahan ini, yang disebut mutasi, membantu virus beradaptasi & menginfeksi spesies inang/host baru. 

 

Ada 4 sub-grup utama dari virus corona yaitu: alpha, beta, gamma & delta. Coronavirus pertama kali dapat diidentifikasi pada tahun 1960’an, bukan di akhir tahun 2019 ya, jadi deh dettol antiseptik bisa nulis di label kalau produknya bisa membunuh si corona, buatan perusahaan Inggris Reckitt, sooo....capa dulu yg percaya hoax dettol…hihihi.

 

Ada 7 macam virus korona yang bisa menginfeksi manusia(HCoVs):

1. HCoV-229E (alpha coronavirus)

2. HCoV-NL63 (alpha coronavirus)

3. HCoV-OC43 (beta coronavirus)

4. HCoV-HKU1 (beta coronavirus)

5. MERS-CoV (beta coronavirus penyebab Middle East Respiratory Syndrome, or MERS)

6. SARS-CoV (beta coronavirus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome, or SARS)

7. SARS-CoV-2 (the novel coronavirus that causes coronavirus disease 2019, or COVID-19)

 

Memang kita hanya mengenal SARS-CoV, MERS-CoV juga tidak banyak yang tahu,  tapi HCoV-NL63 & HCoV-HKU1 telah beredar di sekeliling kita sejak lamaaa dong.

 MACAM2 MACAM3MACAM4 

HCoV-NL63 & HCoV-HKU1 adalah virus corona yang sering menyerang saluran pernafasan, tapi virus jenis ini lebih suka tempat yang anyep, suka menyerang di musim dingin, terus bobo sepanjang musim panas & nyerang manusia lagi di musim dingin, mangkanya di negara sono, flu itu emang bukan penyakit sepele, gak kayak kita disini.

 

CORONAVIRUS VS INFLUENZA

Coronavirus & influenza  atau flu, keduanya dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas & keduanya dapat menyebar melalui kontak dekat. Mereka juga cenderung menyebabkan gejala yang sama, termasuk batuk, demam, dan kelelahan.

 

Namun, ada beberapa perbedaan antara virus flu dan virus corona terbaru yang menginfeksi manusia, SARS-CoV-2. SARS-CoV-2 memiliki resiko yang lebih tinggi,  juga memiliki masa inkubasi yang lebih lama?

 

Sumber:

https://www.cdc.gov/coronavirus/types.html

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17944272/

 

https://www.medicalnewstoday.com/articles/types-of-coronavirus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Makanan khas Jawa Timur banyak disini termasuk Gudeg Jatim. Saya sebut begini karena tidak seperti gudeg di tempat aslinya yang manisssss sekali, yang satu ini sudah diolah cocok dengan lidah saya. Setelah makan.....ampunnn....ehmmmm....saya mencium aroma kesukaan saya. Upsss, stand nya berdiri tepat di sebelah saya. Pantang dilewatkan, kopi sehat kok, terutama menyehatkan mata yang sudah setengah watt, hehehe.

 

gudeg

 

Beberapa stand dilayani mereka-mereka dengan kostum tradisional, ide brilyan, bagaimana jika tahun depan semua stand mengikuti ide ini, kita-kita sudah lupa lo dengan budaya sendiri, upsss.

Produk kosmetik dalam negeri Viva ikut mensponsori acara ini, coba lihat bapak-bapak polisi sampai harus mengantri untuk "didandani", berdiri santai di depan stand Viva. Apa karena ini mbak-mbak polisi memilih untuk mabur ke stand lain yang lebih diperuntukkan untuk kaum maco ya, hehehehe.

 

sepeda tua

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah sore, waktunya pulang, mata mulai tidak bisa diajak kompromi karena perut kenyang, ehhhh, saya bertemu dengan mereka-mereka dari komunitas sepeda tua. Kok saya langsung merasa cocok ya, padahal umur saya belum setua sepeda mereka lo, hehehe. Asyikkkk, salah satu kegiatan mereka adalah bersepeda mengunjungi kota-kota tua Surabaya. Wahhh, saya musti cepat-cepat cari sepeda uzur deh, supaya saya bisa bergabung.

Mata mengantuk, enaknya tidur dong, sambil lemes berjalan ke mobil, ehmmmmmm saya baru menyadari kalau posisi mobil saya benar-benar tidak tahu diri. Okeyyyyy, pikir-pikir, ini betul-betul obat mujarab penahan kantuk. Setelah mendorong mobil sendirian, akhirnya saya bisa mengeluarkan mobil saya, bebasssss merdeka. Betul-betul ending...yang...happy.

 

ngremo

 

 

Foto Surabaya Urban Culture Festival'2015: Koleksi Pribadi

Flash: Koleksi Pribadi